Beranda » Blog » Manfaat Memasang Karpet Sebagai Alas Meja Makan

Manfaat Memasang Karpet Sebagai Alas Meja Makan

©Shutterstock

Tidak semua orang setuju dengan menambah karpet sebagai alas meja makan. Alasannya cukup beragam, namun yang paling menjadi pertimbangan adalah kekhawatiran adanya tumpahan makanan yang mengenai karpet. Bukan hanya bisa merusak karpet, noda makanan pada karpet juga membuat Anda bekerja lebih ekstra untuk membersihkannya.

Namun, dibalik kekhawatiran tersebut, sebenarnya ada beberapa fungsi karpet mengalasi meja makan yang patut dipertimbangkan. Kami memberikan sejumlah pertimbangan mengapa Anda membutuhkan karpet sebagai alas meja makan. Mari simak dan lihat apakah Anda akan terinspirasi untuk mencobanya!

Sebagai Pemisah Ruang

6 Pertimbangan Memasang Karpet Sebagai Alas Meja Makan
©Shutterstock

Jika hunian Anda memiliki ruang makan yang menyatu dengan ruang lainnya seperti dapur atau ruang keluarga, ada baiknya terdapat pembeda yang memisahkan fungsi-fungsi tersebut. Mirip dengan fungsi dinding, karpet dapat menjadi elemen yang membedakan area satu dengan yang lainnya. Keberadaan karpet yang biasanya menggunakan warna kontras terhadap warna lantai secara visual menegaskan zona dan fungsi yang berada di area karpet tersebut.

Baca Juga : 5 Tips Menata Kamar dengan Tema Warm Aesthetic Dan Nyaman.

Memberikan Kenyamanan Saat Makan

6 Pertimbangan Memasang Karpet Sebagai Alas Meja Makan
©Studio Dinding

Siapa yang tidak menyukai kelembutan dan kehangatan dari karpet? Hampir semua orang menyukainya. Dengan menggunakan karpet, Anda dapat merasakan tekstur dari karpet yang umumnya lebih nyaman dan hangat dari lantai yang biasanya berupa keramik, granit, atau kayu.

Menghasilkan Suasana Ruang yang Khas

6 Pertimbangan Memasang Karpet Sebagai Alas Meja Makan
©Shutterstock

Keberadaan karpet dapat membentuk suasana ruang yang berbeda dari ruang lain. Pilihan karpet juga bisa menghasilkan suasana tertentu. Misalnya, bila menginginkan suasana ruang yang ceria, Anda bisa memilih desain karpet dengan pola atau warna yang cerah. Untuk ukuran karpet yang tepat, setidaknya tambahkan 30 cm dari ukuran total kursi dan meja makan sehingga karpet cukup besar untuk menaungi furnitur di atasnya.

Baca Juga : 5 Cara Tepat Mengatasi Lantai Dapur Berminyak. Bye Lantai Lengket!

Menjadi Focal Point di Ruang Makan

6 Pertimbangan Memasang Karpet Sebagai Alas Meja Makan
©Shutterstock

Hal-hal sederhana dapat digunakan untuk mencuri perhatian saat Anda berada di sebuah ruangan. Salah satunya adalah dengan penambahan karpet. Ruang makan yang tampak sederhana pun bisa menjadi menarik karena keberadaan karpet dengan warna dan pola yang sesuai. Sebagai catatan, pilihlah karpet yang senada dengan desain ruang makan dan keseluruhan rumah agar tidak merusak konsep utama desain interior yang sudah ada.

Pelengkap Tema Ruang

6 Pertimbangan Memasang Karpet Sebagai Alas Meja Makan
©Shutterstock

Fungsi lainnya dari karpet rumah adalah menjadi pelengkap dari tema ruang itu sendiri. Anda bisa menyesuaikan warna, motif, hingga model dari karpet sesuai dengan tema interior rumah atau ruang makan. Cara termudah untuk menyamakan tema adalah dengan memilih warna karpet yang selaras dengan warna paling dominan pada ruangan tersebut.

Sebagai Alas Furniture

6 Pertimbangan Memasang Karpet Sebagai Alas Meja Makan
©Shutterstock

Meja dan kursi di ruang makan termasuk beberapa furnitur yang paling sering bergesekan dengan lantai. Ketika hendak bersantap di ruang makan, kita pasti akan menarik dan menggeser kursi di saat hendak duduk. Pergesekan langsung antara funitur dengan lantai ini bisa-bisa menimbulkan lecet pada permukaan lantai maupun furniturnya. Dengan adanya karpet rumah sebagai alas, kerusakan ini bisa dihindari.

Sumber artikel: archify.com